Penting Dibagikan Biar Banyak Yg Tau. Waspada! Inilah Bahaya Mengerikan Jika Membedong Bayi Terlalu Kencang

Membedong adalah istilah di negeri kita untuk ‘membungkus’ bayi dengan kain. Kain yang dipakai juga biasa disebut dengan kain bedong. Sebagian manfaat membedong bayi, antara lain :

Menolong bayi Anda supaya tak terganggu dengan gerakan kejut yang biasa di kenal dengan refleks Moro
Menolong bayi Anda untuk terus hangat, terlebih pada hari-hari pertama dalam kehidupannya. Nanti dengan cara berangsur, tubuhnya bakal menyesuaikan dengan lingkungan sekitar, sehingga kain bedong tak diperlukan lagi
Menolong menenangkan bayi Anda
Saat bayi Anda dibedong dengan benar, dia bakal terasa hangat serta aman, serta bedong juga bermanfaat untuk menentramkan si kecil saat dia terima rangsangan yang berlebihan.

Bila Anda melahirkan di bidan, ataupun di rumah sakit, biasanya saat sebelum pulang, mereka bakal mengajarkan pada Anda bagaimana caranya membedong si kecil. Tetapi bila Anda masih tetap bingung, atau belum yakin diri mengerjakannya, Anda dapat lihat video singkat kami tentang satu diantara langkah yang baik untuk membedong bayi Anda.

Sangat banyak mitos yang beredar di orang-orang satu diantaranya tentang maksud bedong untuk meluruskan kaki. Ketrampilan membedong bayi juga dinilai dari “kenceng” tidaknya kain.

Di bawah ini sebagian pendapat dokter tentang bedong bayi serta pengaruhnya pada kaki lurus :

1. Dokter anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita, dr Aditya Suryansyah SpA (K) 
“Pembedongan sesungguhnya tak harus dikerjakan lantaran dapat dibuktikan tak ada hubungan dengan kaki bengkok. Seperti di ketahui, suhu didalam kandungan ibu seputar 37 derajat Celcius, sedang suhu ruang 27 derajat Celcius. Jadi orang zaman dahulu membedong. Lantaran telah banyak di jual baju hangat serta selimut untuk bayi, jadi sekarang ini tak perlu membedong bayi, ”

2. dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA (K) 
“Pembedongan mempunyai tujuan untuk menghangatkan bayi serta bukanlah untuk meluruskan kaki bayi. Posisi normal kaki bayi memanglah agak bengkok, hingga beberapa orangtua tak perlu cemas. Bedong terlampau lama sesungguhnya malah ‘MEMAKSAKAN’ kaki bayi supaya lurus”

3. Pendapat Dokter kandungan DR. dr. Ali Sungkar SpOG 
“Saya jelas-jelas tak sepakat bayi dibedong. Pikirkan berapakah jam bayi kita mesti dibedong, kakinya mesti diluruskan. …. Banyak sendi-sendi pada kaki bayi yang perlu digerakkan supaya tak kaku serta alami perkembangan. ”

4. Dokter Rinawati Rohsiswatmo 
“Ini bukanlah posisi biologis bayi dalam kandungan. Dalam rahim posisi kaki bayi malah menekuk, demikian juga dengan ke-2 tangannya. (Bedong) itu menyalahi kodrat.

Berdasar pada pendapat sebagian dokter diatas telah terang bahwa Bedong ketat untuk meluruskan kaki bayi : tak dapat dibuktikan serta tak direferensikan!

Apa Kemungkinan Bayi Dibedong terlampau Kencang? 

Mengutip hasil riset seseorang orthopedi anak yang dikerjakan di Jepang, bedong yang dikerjakan pada bayi malah menyebabkan kerusakan parah pada tulang bayi. ”

0 Response to "Penting Dibagikan Biar Banyak Yg Tau. Waspada! Inilah Bahaya Mengerikan Jika Membedong Bayi Terlalu Kencang"

Posting Komentar