Polisi Mesir Tewaskan Tokoh Penting ISIS di Kairo

Kairo - Kepolisian Mesir menewaskan tokoh penting militan Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) di Kairo. Tokoh penting ISIS itu dipercaya ikut serta sekelompok serangan teror, termasuk juga pembunuhan warga asing asal Kroasia serta Amerika Serikat.

Dalam pernyataannya, seperti ditulis AFP, Senin (9/11/2015), Kementerian Dalam Negeri Mesir menyebutkan tokoh ISIS bernama Ashraf Ali Ali Hassanein al-Gharabli tewas ditembak dalam baku tembak dengan polisi yang berupaya menangkapnya di Kairo.

Hassanein sendiri di kenal juga sebagai salah satu militan paling di cari di Mesir. Namanya nampak dalam daftar buronan polisi mulai sejak Januari 2014 lantas, atau selang sebagian bln. sesudah kesibukan militan di Semenanjung Sinai alami penambahan.

Hassanein juga dipercaya ikut serta dalam tindakan pengeboman kantor Konsulat Italia di Kairo, pada Juli lantas. Dituturkan kepolisian setempat pada AFP, bahwa Hassanein pernah jadi tangan kanan Hisham al-Eshmaqi, bekas komandan militan Ansar Beit al-Maqdis yang ada dibalik pengeboman serta pembunuhan di Kairo.

Pada November 2014, grup militan yang berbasis di Sinai itu menyebutkan sumpah setia pada ISIS. Hal semacam itu bikin Eshmawi meninggalkan grup itu serta jadikan Hassanein juga sebagai salah satu tokoh utama dalam grup militan itu.

Pernyataan Kementerian Dalam Negeri Mesir menyebutkan, polisi sukses mencari kehadiran Hassanein di Kairo. Saat berupaya menangkapnya, Hassanein berupaya kabur dengan suatu mobil serta melepas tembakan ke arah polisi.

 " Dia (Hassanein) rasakan hadirnya mereka (polisi) serta menembaki mereka, dalam usaha untuk kabur, ini bikin polisi membalas tembakan serta baku tembak berlangsung dengannya sampai dia tewas, " sekian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Mesir.
 (nvc/nwk)

0 Response to "Polisi Mesir Tewaskan Tokoh Penting ISIS di Kairo"

Posting Komentar